Selasa, 18 Desember 2012

ALAT KESEHATAN HEMODIALYSA



ALAT KESEHATAN HEMODIALYSA

Hemodialysa atau yang biasa disebut alat pencuci darah yaitu alat yang berfungsi  untuk menggantikan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami gagal ginjal.
Fungsi ginjal adalah menjaga cairan tubuh, electrolyte, keseimbangan asam dan basa dan menetralkan pengaruh ketidakstabilan aktivitas metabolisme.
Kerusakan pada ginjal menyebabkan tertahannya hasil pembuangan metabolisme, Hemodialysa berfungsi untuk menyaring / membuang sisa-sisa metabolisme tersebut seperti ion-ion dan garam-garam organic yang terdapat di dalam darah. Hemodialysa tidak dapat menyembuhkan kerusakan ginjal tetapi hanya menggantikan fungsi ginjal supaya tidak terjadi kerusakan pada organ-organ lainnya.

Prinsip Dasar
System pada Hemodilysa terbagi menjadi tiga komponen penting yaitu : dialysate delivery system, extracorporeal blood-delivery circuit dan dialyzer (Artificial kidney). Darah dari pasien diambil melalui extracorporeal circuit, melewati dialyzer untuk membuang zat-zat dan cairan yang tidak berguna kemudian darah dialirkan kembali ke pasien.

Dialysate delivery system
Dialysate adalah larutan air murni dengan komposisi electrolyte yang hampir sama dengan cairan darah. Dialysate delivery system berfungsi untuk mempersiapkan cairan dialysate kemudian mengalirkan ke dialyzer. Dialysate berfungsi untuk membuang sisa-sisa metabolisme dalam darah dan sebagai sumber ion-ion untuk menjaga electrolyte dan pH level darah.
Untuk menghindari terjadinya keracunan, air harus dibersihkan terlebih dahulu untuk membuang zat organic dan unorganik seperti mineral dan bakteri menggunakan alat yang disebut water treatment. System water treatment menggunakan depth filtration, water softeners, activated carbon filtration, reverse osmosis (RO), dan deionization (DI).
Air yang sudah dibersihkan masuk ke alat hemodialysa melewati heater dan deaerator sebelum bercampur dengan dialysate. Temperature dialysate kira-kira 34oC sampai 42oC.

Extracorporeal blood circuit
External blood-delivery system (Extracorporeal blood circuit) berfungsi untuk mensirkulasi darah pasien melewati dialyzer dan kembali lagi ke pasien.
Darah dari pasien melalui access artery dan vena. Blood pump akan menggerakan darah melewati selang external dan dialyzer.

Dialyzer
Dialyzer adalah komponen bagian dari hemodialysa, komponen ini sifatnya disposable sehingga harus diganti-ganti. Ada tiga type konfigurasi dialyzer yaitu : coil, parallel plate dan hollow fiber. Electrolyte, zat-zat dan cairan yang tidak berguna dan air melewati membrane semipermeable masuk kedalam aliran cairan dialysate. Melalui diffuse, osmosis dan ultrafiltration (UF), air dan zat-zat pembuangan metabolisme akan bertukar dengan darah dan dialysate.Cairan dengan konsentrasi tinggi menyebabkan zat-zat pembuangan seperti urea dan creatinine berdifusi (bergerak dari konsentrasi tinggi ke rendah) melewati membrane dari darah ke dialysate, selanjutnya darah yang telah dibersihkan akan kembali lagi ke pasien.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar